Bagaimana Kesehatan Gigi Berhubungan Dengan Pola Makan?


Kita semua tahu bahwa kue dan kue adalah fudonut_and_tooth.jpgll dari gula, tetapi apakah Anda tahu ada waktu "terbaik" untuk memakannya? Banyak orang tidak menyadari bahwa efek yang dihasilkan oleh makanan yang mereka makan dapat berlanjut lama setelah waktu yang dikonsumsi. Makan makanan manis dengan makan malam akan mengurangi kerusakan pada gigi daripada jika dimakan sebagai camilan terpisah. Mencegah gigi berlubang lebih mudah dilakukan ketika Anda memahami bagaimana makanan memengaruhi kesehatan mulut Anda.

Efek Instan Makanan Pada Gigi Anda

Segera setelah Anda makan makanan tertentu, tindakan kimia dimulai. Bakteri di mulut Anda membentuk asam, yang merupakan awal dari proses penciptaan rongga. Makanan dalam keluarga karbohidrat dipecah menjadi gula sederhana glukosa, fruktosa, maltosa, dan laktosa. Beberapa karbohidrat dapat difermentasi dan terurai di dalam mulut. Termasuk dalam karbohidrat yang dapat difermentasi adalah makanan manis, seperti permen, kue, kue, minuman ringan, sirup, roti, biskuit, sereal, dan buah-buahan, dan mereka bekerja secara langsung dengan bakteri untuk membentuk asam yang memulai proses pembusukan yang mengarah ke gigi berlubang. . Sebagian besar asam diproduksi ketika makanan bersentuhan dengan bakteri pada gigi seseorang untuk jangka waktu yang lebih lama. Ini berarti bahwa makanan sehat, seperti plum, kismis, dan buah tin dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan asam karena lengketnya.

Asam Penyebab Demineralisasi

Beberapa asam yang dibentuk oleh bakteri dan gula bekerja untuk melarutkan mineral yang dibutuhkan di dalam email gigi. Setelah asam ini terbentuk, mereka melakukan pekerjaan kotor mereka selama setengah jam, kecuali dihapus dengan menyikat. Gigi dapat memperoleh kembali mineral yang hilang melalui penggunaan air mineral, sayuran segar, dan fluoride dalam produk-produk gigi dan persediaan air. Air liur yang dihasilkan selama mengunyah juga berkontribusi terhadap pemulihan mineral. Kedua proses tersebut disebut sebagai Demineralisasi dan Remineralisasi. Ketika mineral hilang lebih cepat daripada yang diganti, kerusakan gigi dimulai di email. Makanan yang terperangkap di gigi juga bisa menyebabkan kerusakan gigi. Gigi-giginya penuh dengan tempat persembunyian kecil untuk sisa makanan, dan mereka terus melakukan kerusakan sampai mereka dikeluarkan. Molars sangat rentan terhadap gigi berlubang karena mereka memiliki banyak ruang kecil di mana makanan dapat terperangkap.

Makanan Yang Mendorong Kesehatan Gigi

Cara memutihkan gigi dan mendorong kesehatan gigi haruslan menjaga seluruh tubuh tergantung pada nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan. Nutrisi yang buruk sangat mempengaruhi kesehatan mulut dan gigi Anda. Penyakit gusi, gigi berlubang, dan bau mulut semua bisa dikaitkan dengan diet yang tidak tepat. Memasukkan pilihan nutrisi yang sehat dalam diet Anda sangat penting untuk gigi Anda. Makanan berikut ini baik untuk kesehatan gigi Anda:

·         Biji-bijian utuh, termasuk tepung gandum utuh, oatmeal, beras merah, dan quinoa
·         Sayuran hijau dan oranye gelap
·         Buah-buahan segar perusahaan
·         Legum
·         Daging dan ikan tanpa lemak
·         air

Gunakan Makanan Ini dengan Hemat

Tidak ada orang yang menginginkan diet yang benar-benar bebas dari makanan pencuci mulut, sesekali permen, dan minuman ringan dingin sesekali. Untuk mendorong kesehatan dan cara memutihkan gigi, sangat penting untuk memakan makanan seperti bernutrisi dan hemat. Batasi makanan ringan antara makanan untuk mengurangi jumlah waktu gigi Anda terkena asam. Makanan berikut hanya boleh dimakan sesekali:
·         Kue
·         Permen
·         Minuman manis, seperti soda, jus, limun, dan es teh
·         Buah kering dan kulit buah
·         Keripik kentang, pretzel, kerupuk, dan camilan sejenis

Diet bergizi seimbang sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi yang baik. Dengan menambahkan diet sehat untuk menyikat gigi, flossing, pembersihan rutin, dan pemeriksaan gigi, Anda secara signifikan mengurangi risiko gigi berlubang dan penyakit gusi.

Komentar

Postingan Populer