Bagaimana menyingkirkan ketombe


Uh oh ... itu adalah serpihan putih dan abu-abu yang terlihat, membuatnya terlihat seperti kepala Anda bersalju! Ketombe bisa memalukan, dan tidak peduli berapa kali Anda mencuci rambut, masalah terus datang kembali.
Namun ada kabar baik: cara menghilangkan ketombe bisa ditangani dengan sempurna.

Ketombe

Anda tidak sendiri! Setengah dari orang-orang di dunia dipengaruhi oleh ketombe. Ini adalah kondisi kulit kepala kronis yang menyebabkan serpihan kulit muncul di permukaan kulit kepala dan rambut; terkadang berakhir di telinga Anda juga. Serpihan yang terlihat dapat bervariasi dalam warna dari putih, kuning ke abu-abu. Kondisi ini dapat dimulai dari usia 10-20 tahun, dan masih bisa hadir saat usia bertambah.

Apa penyebab dari serpihan-serpihan itu?

Ketombe disebabkan oleh jamur bernama Malassezia, yang memakan minyak dari folikel rambut. Jamur biasanya ditemukan di flora kulit alami. Ketombe terjadi ketika penghalang pelindung kulit melemah, mengakibatkan pertumbuhan berlebih dari jamur dan penumpahan kulit mati yang berlebihan pada kulit kepala.

Ketombe juga bisa disebabkan oleh dermatitis seboroik (kulit berminyak); bentuk eksim yang terkait dengan pertumbuhan berlebih ragi, yang dapat dipicu oleh stres, cuaca, atau genetika.

Penyebab lain dari serpihan adalah pewarna rambut, atau tidak keramas dengan benar. Sangat mudah untuk membingungkan ketombe dengan kulit kepala kering, psoriasis, dan residu produk, karena gejalanya sama:

Rasa gatal
Kulit kepala kering
Kemerahan pada kulit kepala
Bagaimana ini bisa diobati?

Perawatan untuk menghentikan ketombe akan bertujuan memperlambat reproduksi sel-sel kulit yang menyebabkan ketombe dan menetralisir jamur juga. Ketombe tidak hilang dengan sendirinya; sampo anti ketombe akan membantu. Antimikroba (agen yang membunuh mikroorganisme atau menghentikan pertumbuhannya) disebut Zinc Pyrithione, adalah bahan aktif dalam kebanyakan sampo anti ketombe dan efektif dalam menyingkirkan serpih.
Baca Bagaimana mengidentifikasi dan mengobati infestasi kutu

Carilah bahan-bahan anti ketombe ini dalam produk:

Climbazole
Batubara
Ketoconazole
Piroctone olamine
Pyrithione zinc
Asam salisilat
Selenium sulfida atau sulfur.

Senyawa ini memiliki agen antijamur yang efektif dalam mengobati kondisi kulit.

Hanya karena Anda rentan terhadap ketombe tidak berarti Anda harus menderita karenanya. Mineral dan vitamin tertentu dapat menjaga kulit dan kulit kepala tetap sehat dan membantu dengan faktor-faktor yang berkontribusi padanya.

Vitamin A: Mendukung dan mempertahankan fungsi sel-sel kulit. Dapatkan isi dari sayuran hijau gelap, buah-buahan tropis, kentang manis dan wortel.

Minyak yang baik: Kekurangan minyak dalam diet Anda berarti rambut kering. Tambahkan minyak zaitun, kacang, safflower, atau bunga matahari saat menyiapkan makanan.

Vitamin C: Makanan yang dikemas dengan Vitamin C dapat membantu mencegah kondisi yang dapat dipicu oleh kekebalan yang melemah (ketombe). Dapatkan dosis dari buah jeruk, stroberi, dan sayuran hijau.

Seng: Mineral ini diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan sel baru; yang penting dalam pemeliharaan kesehatan kulit, kuku dan kulit kepala. Makanan tinggi seng termasuk ayam, jamur, biji labu, daging sapi, cokelat hitam dan bawang putih.

Vitamin B: Vitamin bertanggung jawab untuk pertumbuhan dan penciptaan sel-sel baru. Telur, salmon, hati sapi, gandum utuh, alpukat, kacang polong dan kacang sangat membantu. Itulah kiat-kiat untuk membasmi ketombe pada rambutmu. Lihat pula artikel penuh manfaat lainnya di intiptrik.com

Komentar

Postingan Populer