Manfaat dan Khasiat daun Binahong


Binahong memiliki nama latin Bassela rubra linn dan keluarga Basellaceae. Dalam bahasa Inggris, tanaman ini disebut Heartleaf maderavine madevine, sedangkan orang Cina menamainya sebagai Deng san chi. Binahong adalah tanaman merambat seperti gendola yang umum di pagar atau gerbang.

Manfaat daun binahong bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi banyak penyakit. Namun, batang dan umbi juga memiliki khasiat sebagai ramuan obat.
Kandungan yang terkandung dalam daun Binahong cukup banyak yaitu antioksidan, asam arkobat, fenol total, dan cukup tinggi sehingga protein bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.
Daun Binahong

Berikut beberapa informasi cara memanfaatkan daun binahong untuk mengobati berbagai penyakit. Mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat.

1. Rawat luka berdarah
Tumbuk atau kunyah daun Binahong secukupnya hingga halus. Oleskan pada bagian tubuh yang bengkak atau luka secara merata. Lakukan repetitif saat luka masih basah atau cedera parah.

2. Mengobati jerawat
Ambil 5 atau lebih daun binahong dan remas sampai hancur. Langsung oleskan pada wajah Anda secara teratur. Ada baiknya jika Anda melamar malam sebelum tidur. Ulangi hingga wajah terlihat baik-baik saja. Nah, jika ingin hasil maksimal mengambil 5-6 lembar daun binahong maka direbus dalam 2 gelas air hingga tersisa satu gelas. Dapat menambahkan madu agar rasanya lebih enak.

3. pengobatan di luar
Untuk pemakaian luar, daun dan tangkainya ditumbuk halus lalu dioleskan pada bagian yang sakit. Bahan ini untuk menyembuhkan memar karena terkena, memukul api (panas), rheumatik, sakit nyeri, saraf siatik, kulit halus.

4. Manfaat Umbi Binahong
Selain daun, Corm atau Rimpang tanaman binahong juga berkhasiat sebagai obat. Caranya, ambil rhizoma (umbi) secukupnya, bersihkan, rebus, lalu dinginkan dan saring hasilnya setelah minum 2-3 kali sehari. Dengan cara ini bekas operasi untuk menyembuhkan luka, bisul, typus, disentri, kesegaran jasmani (Tambahkan telur dan madu), mencegah stroke, asam urat dan sakit pinggang.

A. Kategori Penyakit Berat

Batuk / muntah darah: 10 lembar daun binahong, direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari.
Paru-paru / lembaran berlubang 10: daun binahong, direbus dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari
Diabetes: 11 daun binahong, direbus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari
Sesak nafas: 7, daun binahong direbus dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari
Ulkus akut (kronis): 12 daun binahong, direbus dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari
Fraktur: 10-20 lembar daun binahong, direbus dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari
Darah rendah: 8 lembar daun binahong, direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari
Peradangan ginjal: 7 daun binahong, direbus dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari
Kulit gatal: / eksim 10-15 lembar daun binahong, direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari
Gegar otak ringan / berat badan: 10 lembar daun binahong, direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum setiap hari.

Komentar

Postingan Populer